Inilah Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messanger

Mungkin bagi sebagian orang belum banyak yang mengenal WhatsApp Business. Aplikasi WhatsApp Business ini merupakan layanan atau aplikasi chat WhatsApp yang sudah didesain khusus bagi pemilik bisnis kecil. Para pelaku usaha ini dapat memanfaatkan aplikasi WhatsApp Business dengan berinteraksi sesama pelaku bisnis dan konsumen secara mudah.

Namun di aplikasi WhatsApp Business  juga terdapat beberapa fitur andalan seperti untuk mengotomatisasi, merespons pesan secara cepat dan bisa juga menyortir setiap pesan yang diterima.

Inilah Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messanger, kekurangan whatsapp business, cara verifikasi whatsapp bisnis, cara verifikasi akun whatsapp bisnis, cara menggunakan whatsapp bisnis, akun bisnis whatsapp, fungsi whatsapp business, download whatsapp business, keunggulan whatsapp

Sebagai aplikasi yang lahir dari aplikasi sebelumnya yakni WhatsApp Messanger. Pada aplikasi WhatsApp Business terdapat beberapa perbedaan di aplikasi WhatsApp Messanger dengan WhatsApp Business ini antara keduanya. Dan untuk mengetahui lebih jauh mengenai perbedaan dari  WhatsApp Messanger dengan WhatsApp Business, maka simak ulasannya disini.

Inilah Perbedaan WhatsApp Business dengan WhatsApp Messanger

Sebagai aplikasi yang ditujukan untuk keperluan bisnis maka aplikasi Inilah Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messanger ini memiliki beberapa keistimewaan yang diantaranya adalah dengan adanya fitur laporan statistik yang berfungsi untuk melihat hal-hal apa saja yang sudah dilakukan dalam aplikasi tersebut.

Selain itu untuk memudahkan penggunaanya, aplikasi Inilah Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messanger juga dapat mengirim dan menerima pesan lewat perangkat laptop ataupun PC desktop (WhatsApp Web).

Baca Juga: Cara Download WhatsApp yang Tidak Kompatibel

Untuk mengenal lebih jauh mengenai aplikasi WhatsApp Bisnis ini maka berikut rangkuman perbedaan-perbedaannya dengan WhatsApp Messanger.

1. Logo Aplikasi yang Digunakan

Pada gambar logo WhatsApp Bisnis dengan WhatsApp Messanger memiliki perbedaan desain. Seperti kita ketahui di aplikasi WhatsApp Messanger logo gambar yang digunakan adalah gagang telepon, sedangkan untuk aplikasi WhatsApp Business logo gambar yang digunakan adalah salah satu huruf abjad kapital, yaitu "B". 

Sedangkan untuk background logo masing-masing aplikasi masih sama yakni menggunakan latar belakang warna hijau yang menjadi ciri khas aplikasi WhatsApp.

2. Profil Aplikasi

Untuk fitur profil yang ada di aplikasi WhatsApp Business terdapat deskripsi bisnis, kategori, lokasi atau alamat, email, dan website. Fitur profil yang sangat lengkap ini bertujuan untuk membantu pelanggan lama ataupun konsumen baru mengetahui lebih lengkap mengenai informasi bisnis Anda. 

Hal ini tentunya berbeda dengan fitur profil yang ada di aplikasi WhatsApp Messanger yang hanya mencakup nama, informasi singkat dan nomor telepon pengguna.

3. Nama Akun Pengguna Aplikasi

Pada nama akun WhatsApp Messanger, pengguna dapat dengan mudah mengganti nama akunnya berkali-kali tanpa adanya batasan waktu. Sedangkan untuk pengguna WhatsApp Business tidaklah sama karena pada aplikasi WhatsApp Business nama akun pengguna tidak bisa diganti-ganti.

Untuk itu bagi pengguna WhatsApp Business harus memastikan nama yang dibuat sudah tepat saat melakukan pemilihan nama akun.

4. Penggunaan Nomor Telepon Rumah atau Kantor

Kelebihan lainnya dari aplikasi WhatsApp Business adalah pengguna dapat menambahkan nomor telepon rumah atau kantor selain menggunakan nomor ponsel. Akan tetapi untuk penambahan nomor telepon dan kantor ini sebaiknya tidak mengganti-ganti nomor telepon dan diharuskan untuk menggunakan nomor ponsel yang permanen.

Mungkin Anda akan bertanya apakah WhatsApp Messanger dan WhatsApp Business dapat digunakan dalam satu ponsel?

Jawabannya adalah BISA. Pengguna kedua aplikasi ini dapat menggunakan aplikasi tersebut dalam satu ponsel. Namun untuk untuk masing-masing aplikasi harus menggunakan nomor ponsel yang berbeda pada kedua aplikasi tersebut.

5. Fitur Pesan Otomatis

Pada aplikasi WhatsApp Business terdapat fitur pesan otomatis. Fitur pesan otomatis ini tidak terdapat pada WhatsApp Messanger. Untuk bisa mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa menggunakan fitur Away messange. Dengan mengaktifkan fitur ini maka pada saat pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja atau di saat bisnis sedang tutup maka secara otomatis balasan pesan akan terkirim.

Fitur Greeting message bisa digunakan pengguna untuk mengirim pesan otomatis kepada setiap pelanggan baru sebagai sapaan awal. Selain itu, manfaat lainnya adalah untuk menawarkan produk baru secara otomatis ke semua pelanggan.

Fitur Quick replies merupakan fitur tambahan yang dapat membalas pesan masuk dengan pesan pertanyaan yang sama. Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah. Pelanggan bisa membuat beberapa pesan yang kemungkinan besar para konsumen akan bertanya dengan menggunakan pertanyaan yang sama tentang bisnis Anda. 

Jadi jika ada pesan yang masuk, maka langsung saja ketik simbol garis miring "/". Dengan begitu akan muncul quick replies yang sudah dibuat sebelumnya. Sangat hemat waktu, bukan?

6. Fitur Statistik Pesan

Apabila pada penggunaan aplikasi WhatsApp Messanger dapat menyembunyikan informasi pesan setelah dibaca. Maka untuk WhatsApp Business berbeda yakni pengguna dapat meninjau jumlah statistik pesan yang telah terkirim dan pesan yang telah masuk.

Dengan adanya fitur ini maka para pelaku bisnis dapat dengan mudah mengetahui pesan apa yang efektif dari melihat statistik pesan yang ada.

7. Terdapat Fitur Kategori Bisnis

Pada dalam profil aplikasi WhatsApp Business terdapat fitur untuk kategori bisnis yang sudah terdaftar. Apabila di dalam kategori bisnis tidak ada yang sesuai dengan bisnis Anda maka pilih alternatif lain dengan mengklik "others". 

Hal ini tentu berbeda dengan aplikasi WhatsApp Messanger yang tidak terdapat fitur kategori bisnisnya. Dengan adanya fitur ini maka mempermudah para pelanggan untuk dapat mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalankan.

8. Adanya Tanda Centang pada WhatsApp Bisnis

Pada aplikasi WhatsApp Business terlebih dahulu akan melakukan verifikasi pada setiap akun bisnis yang telah didaftarkan melalui nomor ponsel. Apabila nomor telepon yang dicantumkan sudah benar milik perusahaan maka secara otomatis akun WhatsApp Business diverifikasi. 

Verifikasi akun WhatsApp Business muncul apabila terdapat tanda centang berwarna hijau pada akun yang didaftarkan. Hal ini berbeda dengan aplikasi WhatsApp Messanger yeng tidak terdapat centang hijau ini pada saat proses verifikasi.

9. Fitur Pengelompokan Pesan "Label"

Perbedaan terakhir antara WhatsApp Businesss dengan WhatsApp Messanger adalah pada fitur pengelompokan pesan. Fitur ini hanya terdapat di aplikasi WhatsApp Business. Fitur pengelompokan pesan "Label" ini bertujuan untuk mempermudah pebisnis dalam berkomunikasi dengan para konsumennya. 

Pada pengelompokan pesan pada aplikasi WhatsApp Business meliputi prospek, menunggu bayaran, terbayar, pesan baru dan pesan selesai. Jadi, apabila pengguna ingin mengelompokkan setiap pesan yang ada maka bisa memanfaatkan fitur ini.

Itulah setidaknya 9 perbedaan yang terdapat di aplikasi WhatsApp Business dengan WhatsApp Mesangger. Dengan mengetahui perbedaan tersebut maka Anda sebagai pengguna bisa mendownload aplikasi WhatsaApp sesuai dengan kebutuhan. Apakah itu ingin mendownload WhatsApp Messangger atau WhatsApp Business.

Komentar